Blog ini milik YC1LBQ

Callsign Lookups by QRZ

Recent Callsign Lookups
by Callsign

Perlukah Memakai Antena Tuner VHF/UHF ?

Pertanyaan perlukah memakai antena tuner VHF / UHF itu memang selalu menggelitik dari awal sejak menjadi anggota ORARI.

Memang ketika baru memiliki perangkat radio VHF berikut antenacoax, dan power supply ada tawaran untuk membeli antena tuner VHF / UHF. Alasan praktis membeli antena tuner adalah supaya transmit di frekuensi berapapun akan mendapat nilai SWR dan power yang baik.

Ilustrasi antena tuner VHF / UHF. Sumber : MFJ Enterprises.. http://www.mfjenterprises.com/Product.php?productid=MFJ-921
Ilustrasi antena tuner VHF / UHF. Sumber : MFJ Enterprises.

Jadi inti pemakaian antena tuner VHF / UHF adalah bagaimana agar bisa transmit di frekuensi berapapun dan nilai SWR masih bagus. Nilai SWR bagus ini dikatakan matching. Pertanyaannya adalah memang mau transmit di rentang frekuensi berapa sih sehingga harus matching di setiap frekuensi VHF / UHF ?.

Menurut saya sih adalah tidak worthed jika membeli antena tuner VHF / UHF. Mengingat harga 1 unit antena tuner VHF / UHF tidak murah. Malah sebenarnya harga sebuah antena tuner VHF / UHF itu malah seharga 1 unit antena VHF dengan kualitas baik.

Malah menurut saya mendingan memasang beberapa antena saja jika memang berkeinginan untuk pindah-pindah frekuensi. Tetapi permasalahannya apakah hal tersebut dibolehkan ?. Mengingat antena Hustler G7 saja sudah pretuned di frekuensi 144-148 MHz. Artinya antena yang konon tidak bisa di-tuning sudah bekerja di band frekuensi amatir.

Apabila ternyata pembaca memili lisensi selain radio amatir, nampaknya tetap akan lebih menguntungkan jika sebaiknya menambah membeli antena baru saja.

Itulah ulasan tentang perlu tidaknya memakai antena tuner VHF / UHF. Pilihan kembali ke masing-masing orang dan tergantung ketersediaan dana serta kebutuhan untuk selalu pindah-pindah di frekuensi.

No comments:

Post a Comment