Blog ini milik YC1LBQ

Callsign Lookups by QRZ

Recent Callsign Lookups
by Callsign

Review HT Yaesu VX-7R

HT Yaesu VX-7R ini sepertinya memang radio impian. Dengan ukuran yang mungil hanya sekepalan tangan orang dewasa tetapi mampu transmit di 3 band sekaligus.

Yaesu VX-7R, mungil tapi full power.
Yaesu VX-7R, mungil tapi full power.
Frekuensi kerja HT Yaesu VX-R7 ini mulai dari 70 cm (430 MHz), 2 m (144 MHz) dan 6 m (50 MHz). Frekuensi kerjanya semua berada di band amatir.

Nah, bersyukur banget kali ini saya berkesempatan memakai radio HT keren ini. Kebetulan salah satu barang yang ada di Balai Pengelolaan Hutan Wilayah IV Dinas Kehutanan Jawa Barat adalah Yaesu VX-7R. Soalnya kalau harus beli sendiri kayaknya mesti mikir dua kali deh, secara harganya mendekati harga radio HF all band merk lain hehehe...
Dus dan buku manual HT Yaesu VX-7R.
Dus dan buku manual HT Yaesu VX-7R.
Kesan pertama ketika saya memegang HT Yaesu ini adalah body-nya kokoh. Body Yaesu VX-7R ini casing-nya terbuat dari magnesium dan dibalut karet di sisi bawahnya. Selain itu HT Yaesu VX-7R ini tahan air alias HT submersible. Cocok banget dipakai di alam dengan cuaca tidak menentu.

Hal lain yang membuat HT Yaesu VX-7R luar biasa adalah coverage frekuensi kerjanya. HT ini bekerja pada frekuensi 0,4 MHz – 999.990 MHz. Jadi memang tergolong wideband radio dengan mode AM / FM / WFM.

Kekurangan HT Yaesu VX-7R ini adalah tidak ada mode SSB untuk memonitor HF band.
Frekuensi kerja HT Yaesu VX-7R.
Frekuensi kerja HT Yaesu VX-7R.
Kualitas baterai HT Yaesu VX-7R ini cukup lumayan meskipun di-charge hampir 6 jam. Kalau mau lebih cepat harus menggunakan desktop quick charge. Dengan menggunakan desktop quick charge ini, baterai dapat penuh hanya dalam waktu 2 jam saja.

Meskipun demikian secara umum kualitas baterai Yaesu VX-7R ini tidak diragukan lagi. Betarai dapat dipakai hingga 8 jam. Pengguna HT Yaesu VX-7R ini tidak perlu khawatir dalam urusan charging batery, karena sudah mengguanak baterai lithium.

Kemampuan pancaran radio HT Yaesu VX-7R ini sangat bagus. Ketika dicoba dengan baterai tidak penuh, mampu mencapai jarak hampir 10 km di dalam kota dengan banyak hambatan gedung tinggi.

Sayang sekali radio HT Yaesu VX-7R ini sudah tidak ada lagi yang baru di pasaran. Sebagai penggantinya telah diproduksi HT Yaesu VX-8R dengan fitur  yang lebih disempurnakan seperti ditambahkan GPS (global positioning system)

Itu sementara review HT Yaesu VX-7R. Sejalan dengan waktu pemakaian mungkin akan ada review tambahan penggunaan di lapangan.

No comments:

Post a Comment