Blog ini milik YC1LBQ

Callsign Lookups by QRZ

Recent Callsign Lookups
by Callsign

Siapa yang Dapat Menjadi Operator Amatir Radio ?

Siapa yang dapat menjadi operator Amatir Radio ?. Itu adalah pertanyaan mendasar yang mungkin ada di benak setiap orang ketika mendengar kata amatir radio.

Logo IARU.
Logo IARU.

Apabila mengacu ke Handbook of Amateur Radio, siapapun dapat menjadi operator amatir radio. Meskipun umurnya kurang dari 10 tahun atau bahkan lebih dari 80 tahun.

Banyak juga penyandang disabilitas yang menjadi anggota amatir radio. Penyandang disabilitas dapat menjadi amatir radio dengan mengikuti test khusus tertentu. Calon amatir dengan disabilitas dapat mengajukan diri untuk mengajukan test khusus tertentu.

Bahan pembelajaran untuk ujian amatir radio bisa diperoleh dalam bentuk video atau kaset (CD) atau buku untuk membatu para calon amatir sebelum mengikuti ujian kecakapan amatir radio.

Setelah menjadi amatir radio, anggota amatir radio dapat memiliki berbagai pilihan peralatan radio. Banyak peralatan amatir radio modern yang menghasilkan output suara dan dapat dikontrol oleh komputer menggunakan perintah suara (receiver, transmiter dll.)

Untuk di Indonesia, operator amatir radio dapat bergabung dengan ORARI dengan band plan yang sangat lebar. Penggunaan band plan frekuensi amatir radio dan power output yang diizinkan tergantung kelas izin amatir yang telah diperoleh.

Tingkatan amatir radio di Indonesia ada 4 kelas. Kelas-kelas amatir radio di Indonesia yaitu : pemula (YH), siaga (YG/YD), penggalang (YF/YC), dan penegak (YE/YB).

No comments:

Post a Comment