Blog ini milik YC1LBQ

Callsign Lookups by QRZ

Recent Callsign Lookups
by Callsign

Memasang Radio Mini Rig di Mobil

Komunikasi radio nampaknya masih menjadi kebutuhan meskipun komunikasi selular sudah menjadi mainsteam. Ada banyak alasan kenapa memasang radio komunikasi di mobil. Selain karena hobi, juga ternyata masih banyak alasan lainnya.

 Ilustrasi radio rig di mobil
Ilustrasi radio rig di mobil

Alasan lainnya adalah salah satunya adalah kepraktisan. Sangat praktis ketika sedang melakukan touring bersama club mobil. Sangat mudah berkomunikasi ketika setiap mobil dipasang radio komunikasi, baik itu band HF, HF, atau UHF.

Tetapi yang menjadi permasalahannya adalah memasang radio rig di mobil memakan banyak ruang. Sedangkan apabila menggunakan handy transceiver (HT) kemampuan sangat terbatas, karena powernya kecil maksimal hanya 5 watt. Alternatifnya adalah memasang radio  mini rig di mobil.

Membeli radio mini rig sudah sangat mudah karena banyak dijual di toko online. Harga radio mini rig di toko online bisa didapat mulai harga Rp 850ribu rupiah.

Cara memasang radio mini rig di mobil juga sangat mudah, karena ukurannya kecil. Selain itu juga untuk catu daya mini rig cukup dicolok ke lighter yang tersedia di mobil. Power radio mini rig juga cukup besar mencapai 25 watt.

Kelebihan lainnya adalah ternyata sekarang dengan harga yang murah, sudah bisa diperoleh radio mini rig dual band (VHF dan UHF). Cara penggunaan radio mini rig juga sangat mudah, semudah menggunakan HT.

Ketika akan membelinya, sebaiknya membaca lebih dahulu review radio mini rig yang sudah banyak di media online. Salah satu kelemahan radio mini rig ini adalah suhu yang cepat panas meskipun hanya digunakan untuk monitor. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan cara memasang extra fan di radio mini rig.

Nampaknya dengan harga yang murah, sangat worth it untuk membeli radio mini rig. Meskipun tidak bisa berharap lebih akan kualitasnya.

Agar nyaman berkomunikasi radio di mobil, jangan lupa selalu untuk memperhatikan etika berkomunikasi radio.

4 comments:

  1. This is very interesting, You are an overly professional blogger.
    I've joined your feed and stay up for looking for more of your fantastic
    post. Additionally, I have shared your web site in my social networks

    ReplyDelete
  2. excellent points altogether, you simply received a
    new reader. What would you recommend about your submit that you made some days in the past?
    Any sure?

    ReplyDelete
  3. Kitap Sepetim Kitap Siteleri Adları

    ReplyDelete
  4. No matter if some one searches for his necessary thing,
    thus he/she wishes to be available that in detail,
    so that thing is maintained over here.

    ReplyDelete