Blog ini milik YC1LBQ

Callsign Lookups by QRZ

Recent Callsign Lookups
by Callsign

Pengalaman Mengikuti LZ-DX Contest

LZ-DX Contest adalah kontes amatir radio yang diselenggarakan oleh Bulgarian Federation of Radio Amateurs (BFRA). Informasi mengenai LZ-DX Contest didapat dari Kalender Kontes Amatir Radio (Amateur Radio Calendar Contest)

Log file accepted for LZ-DX contest.
Log file accepted for LZ-DX contest.
LZ-DX contest diadakan pada band 80, 40, 20, 15 dan 10 meter dan menggunakan mode CW and SSB. LZ-DX contest dimulai pada hari Sabtu tanggal 17 November 2018 pukul 12:00 UTC dan berakhir pada hari Minggu tanggal 18 November 2018 pukul 11:59 UTC.

Karena keterbatasan antena hanya punya mono band 40 m double bazooka dan (dari sejak menjadi amatir radio) belum memiliki keyer morse, jadi hanya bisa mengikuti kategori SINGLE-OP 40M MIXED HIGH - Single Operator/Single Band/Mixed-40M.

Radio HF transceiver Alinco DX-77E yang dipergunakan menggunakan power 180 watt dan mode SSB.

Pertukaran report QSO pada LZ-DX contest untuk negara selain LZ adalah cukup RS(T) + ITU zone. Sedangkan untuk negara-negara LZ meliputi RS(T) + 2 huruf kode distrik LZ.

Kelebihan LZ-DX contest adalah QSO dengan sesama amatir dalam satu negara tetap mendapatkan poin.

Dengan keterbatasan antena dan propagasi yang tidak begitu bagus pada tanggal 17-18 November, hasilnya kurang memuaskan. Hanya QSO dengan 18 stasiun radio amatir saja, dengan nilai sementara hanya 40.

Nilai sementara LZ-DX contest
Nilai sementara LZ-DX contest

Dengan pengalaman mengikuti LZ-DX contest ini ternyata memang diperlukan tips dan trik agar mendapat nilai bagus ketika mengikuti kontes amatir radio.

2 comments:

  1. Wah pengalaman yang luar biasa ya gan, ga semua orang bisa ngikut. Semoga menjadi motivasi bagi agan dan semua orang yang membacanya. Salam hangat dari saya https://www.buatkuingat.com

    ReplyDelete
  2. Great post.Ne'er knew this, thank you for letting me know.

    ReplyDelete