Blog ini milik YC1LBQ

Callsign Lookups by QRZ

Recent Callsign Lookups
by Callsign

Review Antena Double Bazooka 40 Meter Band

Antena adalah salah satu bagian penting dari sebuah stasiun radio amatir. Secara sederhana, fungsi antena adalah untuk memancarkan dan menerima gelombang elektromagnetik dari dan ke radio transceiver.

Jenis antena HF banyak sekali, salah satunya adalah antena double bazooka. Baru kurang lebih sebulan ini saya menggunakan antena double bazooka. Kali ini saya akan mencoba memberikan review antena double bazooka 40 meter mono band.

Antena Double Bazooka 40 Meter Band. Sumber : QRZNow.
Antena Double Bazooka 40 Meter Band. Sumber : QRZNow.

Kenapa saya memilih menggunakan antena double bazooka ?. Memang ada beberapa alasan, diantaranya adalah harganya yang worth it, simple sehingga mudah dibawa ke mana-mana, dan daya pancar dan daya penerimaan yang cukup bagus.

Sementara ini, saya memasang 2 antena double bazooka. Di QTH Tasikmalaya, saya memasang 1 buah dan 1 lagi dipasang di tempat kos Kuningan sebagai stasiun portable.

Kesan saya untuk kedua antena double bazooka cukup mengesankan. Jika propagasi bagus, untuk nusantara dapat tercover dengan kualitas sinyal 5 dan 9.

Kebetulan sekali, dalam bulan November ini ada contest amatir radio internasional, yaitu CQWW SSB DX contest dan LZ DX contest. Di kedua contest itu saya masih menggunakan mode phone, untuk mode CW sepertinya belum pede dan keyer morse belum tepasang di radio transceiver.

Dengan ketinggian antena double bazooka yang hanya sekitar 7 m di atas tanah dan arah bentangan antena Barat Laut-Tenggara, bisa QSO dengan 5 negara dengan report sinyal 5 dan 9. Idealnya arah bentangan antena double bazooka adalah Utara Selatan.

Itulah review singkat antena double bazooka 40 meter mono band.

3 comments: