Blog ini milik YC1LBQ

Callsign Lookups by QRZ

Recent Callsign Lookups
by Callsign

Persiapan Padang DX Contest 2018

Padang DX contest adalah salah satu kontes amatir radio terbesar yang diselenggarakan di Indonesia. Padang DX contest diselenggarakan oleh ORARI Lokal Padang Provinsi Sumataera Barat, sejak tahun 2007.

Padang DX Contest adalah kontes DX pertama yang diselanggarakan oleh ORARI lokal pada tahun 2016. Padang DX Contest mengusung semangat Indonesia to the World atau YBland to the world.

Padang DX Contest, YBland to the world. Sumber : www.orari.or.id.
Padang DX Contest, YBland to the world. Sumber : www.orari.or.id.

Karena Padang DX Contest 2018 adalah sebuah event yang besar dan melibatkan anggota amatir seluruh dunia adalah sebuah peluang untuk melakukan QSO sebanyak mungkin . Selain itu juga karena bekerja all band dengan mode phone pada 80m, 40m, 20m, 15m dan 10m, membuat bisa bekerja sepanjang waktu, karena jika propagasi jelek di salah satu band amatir, bisa pindah ke band yang lain yang bagus propagasi-nya.

Padang DX contest tahun 2018 akan berlangsung pada hari Sabtu tanggal 15 Desember 2018 pukul 12.00 sampai dengan 11.59 UTC (24 Jam). Cara melakukan Padang DX contest adalah dengan melakukan panggilan CQ Padang DX Contest.

Diperlukan persiapan untuk menghadapi Padang DX Contest 2018 agar dapat melakukan QSO sebanyak mungkin. Persiapannya salah satunya adalah meng-install Padang DX contest udc file ke N1MM logger.

N1MM logger untuk Padang DX Contest.
N1MM logger untuk Padang DX Contest.
HF transceiver Alinco DX77E menggunakan antena double bazooka untuk Padang DX contest.
HF transceiver Alinco DX77E menggunakan antena double bazooka untuk Padang DX contest.

Awalnya, saya juga berencana memasang antena delta loop. Sebenarnya saya sudah beli kit antena delta loop, dari mulai kabel NYA sampai balun 4:1 tetapi karena keterbatasan waktu dan ada kegiatan lain, terpaksa diurungkan memasang antena delta loop.

Akhirnya terpaksa ikut Padang DX Contest hanya menggunakan antena double bazooka dengan ketinggian sekitar cuma 6 m dari atas tanah yang dibentangkan di atas atap rumah.

Selamat mengikuti Padang DX contest. See you on the band.

No comments:

Post a Comment